you're reading...
Desktop, Lain-Lain, Software, Tips and Trik, Utility

Beberapa Fungsi dari Task Manager di Windows 7

Windows Task Manager sering digunakan untuk memecahkan masalah di dalam sistem operasi windows, seperti menutup aplikasi yang tidak bekerja dengan baik atau memantau penggunaan sumber daya sistem. Namun, ada banyak lagi yang dapat kita lakukan melalui Task Manager di Windows 7.

Untuk segera membuka Task Manager, klik kanan pada taskbar dan pilih “Start Task Manager”. Anda juga dapat menekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka jendela Task Manager. Windows 8 juga memiliki task manager baru yang lebih bagus, tetapi sebagian dari kita masih banyak yang menggunakan Windows 7.

Disini saya akan membahas Beberapa Fungsi dari Task Manager di Windows 7

Mengirim pesan ke pengguna lain secara online

Pada tab di dalam jendela Task Manager, Anda dapat melihat pengguna / User yang sedang Online yang terhubung dalam Jaringan lokal ( Local Area Network )

Anda juga dapat mengirim pesan ke pengguna lain dari tab Users, cukup pilih User yang sedang Aktif  dan klik “Send Message”. Jika pengguna menggunakan komputer pada saat yang sama, jendela pesan akan muncul di desktop Anda.

Mengurutkan dan mengelola jendela

Pada tab Applications di Windows Task Manager menunjukkan program yang sedang berjalan. Anda dapat mengklik dua kali salah satu dari program yang berjalan, atau klik tombol kanan mouse dan pilih menu Minimize atau Maximize untuk memaksimalkan atau menyembunyikan program tersebut.

Anda juga dapat memilih beberapa program (tahan tombol Ctrl sambil mengklik pada setiap program dalam daftar), klik tombol kanan mouse dan memilih untuk menempatkan mereka di sisi desktop dengan sisi horizontal atau vertikal.

Melihat aplikasi yang paling banyak digunakan CPU

Pada Tab Process, menampilkan proses yang sedang berjalan di CPU. Untuk melihat proses berdasarkan waktu di komputer Anda, Anda dapat menggunakan kolom CPU Time, yang tersembunyi secara default.

Untuk menampilkannya, klik menu View, kemudian beri tanda check list pada CPU Time.

Klik kolom CPU Time untuk mengurutkan proses berdasarkan waktu penggunaan CPU.

Catatan bahwa ini hanya menunjukkan sumber daya CPU yang digunakan oleh program yang sedang berjalan, Anda akan melihat berapa banyak CPU yang digunakan.

Kelola prioritas proses

Proses Windows masing-masing memiliki pengaturan prioritas. Jika aplikasi membutuhkan lebih banyak sumber daya dari CPU, anda dapat mengubah prioritas dalam Task Manager. Klik kanan pada process, kemudian pilih Set Priority.

(Anda dapat mengklik aplikasi didalam tab Applications dan pilih “Go To Process” untuk segera memilih proses aplikasi)

Membatasi aplikasi untuk prosesor tertentu

Jika Anda menggunakan CPU multi-core  atau CPU dengan HyperThreading, Windows memberikan setiap proses untuk dapat menggunakan semua CPU Anda. Namun, beberapa program mungkin tidak bekerja dengan baik jika dijalankan pada semua core CPU.

Untuk membatasi aplikasi ke CPU tertentu, klik kanan proses dan pilih “Set Affinity“. Didalam jendela Processor Affinity, pilih CPU yang diizinkan untuk menjalankan proses.

Mengubah pengaturan kompatibilitas

Jika Anda memiliki masalah dengan aplikasi, Anda dapat mengubah pengaturan kompatibilitas dari Task Manager. Pilih program, kemudian klik kanan dan pilih Properties. pada tab Compatibility anda dapat mengubah pengaturan kompatibilitas untuk program tersebut.

Menampilkan services dan proses yang terkait

Pernahkah anda melihat file dengan nama “svchost.exe“? Jika Anda klik “Show processes from all users” pada Tab Processes Anda akan melihat 2 proses svchost.exe yang masing-masing berbeda dalam penggunaan memori dan CPU.

Svchost.exe adalah sebuah proses Windows yang menjalankan Services Windows, dan jika Anda ingin melihat service dari proses svchost.exe yang berjalan, klik kanan dan pilih “Go to services”.

Ini mengarah ke tab Services, di mana anda bisa melihat service yang sedang berjalan

Dan sebaliknya, Anda dapat mengklik pada nama service yang sedang berjalan dan pilih “Go To Proses” untuk menampilkan proses yang sedang berjalan.

Memantau penggunaan CPU

Task Manager memiliki ikon dalam system tray yang digunakan untuk memantau penggunaan CPU.

ketika Jendela Task Manager terbuka, Ikon Task Manager di “notification area” mungkin saja tersembunyi dan Anda harus mengklik tombol panah di  system tray untuk melihat semua ikon di area notifikasi.

 

Sekian penjelasan dari saya tentang Beberapa Fungsi dari Task Manager di Windows 7 semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima Kasih

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: